Materi Pindah Massa dan Latihan Soalnya SBMPTN/Kuliah


Ringkasan 
  1. Difusi terjadi karena adanya gerakan molekul secara random hingga dicapai keseimbangan dan konsentrasi merata. Gerakan massa ini disebut pindah massa. 
  2. Difusi maupun pindah massa terjadi karena perbedaan konsentrasi.

Adanya perbedaan konsentrasi dalam suatu larutan maka cenderung terjadi gerakan massa untuk menghasilkan konsentrasi yang seragam. Gerakan ini bisa terjadi pada gas, cairan dan larutan zat padat. Gerakan molekul secara random ini disebut difusi. Di dalam cairan dan gas, gerakan molekul ini akibat adanya konveksi. Contoh gula dimasukkan dalam gelas berisi air, maka gula larut dalam air dan gula menyebar keseluruh bagian volume air tersebut. Gerakan massa ini disebut pindah massa. Difusi atupun pindah massa ini dipercepat oleh adanya turbulensi. Difusi yang terjadi kerna perbedaan suhu disebut difusi thermal.Dalam proses pengolahan, pindah massa terjadi pada pemompaan, pencampuran, penyaringan, destilasi, absorpsi, ekstraksi, dehidrasi humidifikasi.
Difusi

Komponen gas A dan B berada dalam suatu ruang yang terpish oleh adanya partisi (gambar 2.1). Apabila partisi diambil maka terjadi difusi akhirnya mencapai keseimbangan dan konsentrasi gas merata.


Difusi komponen A ke B dan sebaliknya  mengikuti hukum Fick tentang difusi massa.

Hukum Fick

Difusi dalam gas 

Koefisien difusi dalam gas dapat menggunakan hukum Gilliland yang ditentukan menggunakan persamaan semi empiris.

Hukum Gilliland

Kecepatan difusi uap air ke udara 

Kecepatan difusi uap air ke udara mengikuti hukum Stefan, bagannya ditunjukkan pada gambar 2.2.

Rumus Kecepatan difusi air ke udara


Soal-soal latihan 

1. Hitung koefisien difusi gas CO2 dalam udara pada tekanan  atmosfer dab suhu 25 oC dan bandingkan dengan table yang ada. Vol. CO2 = 34 dengan BM = 44, vol. udara 29,9 dengan BM = 28,9. ( Jawaban benar = 0,132 cm2 s-1; dari table 0,164 cm2 s-1)

2. Tentukan kecepatan difusi uap air dari bagian bawah tabung dengan penampang 10 mm dan tinggi 15 cm ke udara atmosfer pada suhu 25 oC, tekanan uap air jenuh pada 25 oC = 3,169 kPa, BM air= 18. (3,13 x 10-9kg s-1).

Diambil dari 

Tim Pengempu. 2018. MODUL PRINSIP TEKNIK PANGAN DAN HASIL PERTANIAN (Bagian II. PINDAH PANAS DAN PINDAH MASSA). Jember :  Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, FTP, UNEJ

Baca Juga : Materi Pindah Panas dan Latihan Soalnya SBMPTN/Kuliah

0 Response to "Materi Pindah Massa dan Latihan Soalnya SBMPTN/Kuliah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel