Air: Rumus Kimia, Pengertian dan Ikatan Kimianya

Rumus Air, sumber: https://pixabay.com


Air merupakan senyawa kimia yang banyak diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Substansi kimia air murni tersusun atas 2 molekul hidrogen (H) yang terikat secara kovalen dengan 1 molekul oksigen (O). Sedangkan, 1 molekul air berikatan secara hidrogen dengan molekul air lainnya. Illustrasi sebagai berikut:


Perhatikan gambar diatas, ikatan kovalen menghubungkan antara oksigen dengan hidrogen. Ikatan kovalen merupakan ikaitan kimia yang karakteristiknya berupa pasangan elektron sama-sama terbagi antara atom-atom yang berikatan. Sedangkan ikatan hidrogen terjadi antara atom hidrogen yang terikat dengan atom elektronegatifan tinggi. Ikatan hidrogen jauh lebih lemah dibanding dengan ikatan kovalen, oleh karena itu air akan menguap saat dipanaskan karena ikatan hidrogen putus, sehingga wujud molekul air berubah menjadi molekul gas.

Air memiliki tiga fase wujud, yaitu fase cair, padat dan gas. Perubahan fase wujud air sangat dipengaruhi oleh tinggi-rendahnya suhu.


Berdasarkan gambar diatas, saat suhu dinaikkan maka air akan mengalami evaporasi (cair menjadi gas) disebabkan rantai hidrogen yang pecah. Namun saat suhu diturunkan, air akan berubah wujud dari cair menjadi padat. Salah satu sifat khas air adalah terdapat fase triple point pada suhu 0 C, yaitu air secara bersamaan memiliki tiga wujud fase: padat, cair, dan gas. Pada titik triple point air dapat berubah wujud dari padat menjadi wujud gas tanpa melalui fase cair, namun melalui mekanisme sublimasi. Sublimasi terjadi karena tekanan uap air dari fase padat lebih tinggi dibandingkan dengan tekanan uap air lingkungan. Akibatnya uap air dari wujud padat yang tinggi berpindah ke lingkugan yang tekanan uap airnya lebih rendah, sehingga terjadi keseimbangan tekanan uap. Sebaliknya, air dalam wujud gas dapat mengalami deposisi sehingga berubah wujud menjadi padat tanpa melalui fase cair. Hal tersebut disebabkan tekanan uap air fase gas tinggi, sehingga uap air cenderung membentuk ikatan hidrogen dan akhirnya berubah menjadi fase padat.

Baca juga: Fungsi Air sebagai Pelarut

1 Response to "Air: Rumus Kimia, Pengertian dan Ikatan Kimianya"

  1. This is such a great resource that you are providing and you give it away for free. distributor bahan kimia kosmetik

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel