Manfaat dari Bagian-Bagian Pohon Kelapa

Pohon kelapa, sumber: https://pixabay.com

Kelapa (Cocos nucifera) adalah anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae. Tumbuhan ini dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia. Sehingga dianggap sebagai tumbuhan serbaguna, terutama bagi masyarakat pesisir. Kelapa adalah sebutan untuk buah yang dihasilkan oleh tumbuhan ini.

Kelapa merupakan tumbuhan berakar serabut yang memiliki batang tunggal namun juga ada beberapa yang bercabang. Umumnya pohon kelapa memiliki tinggi hingga 30 m dengan diameter buah mencapai 20 cm atau bahkan bisa lebih.

Manfaat Akar Kelapa

akar kelapa merupakan akar yang sangat kuat, oleh karena itu struktur akar ini menjadi inspirasi penemuan penyangga bangunan (Cakar Ayam). Selain itu akar kelapa bisa berfungsi untuk penyangkal banjir karena akar kelapa dapat menyerap air dalam jumlah yang banyak. Sejak dulu sampai sekarang akar tumbuhan kelapa juga kerap dijadikan kerajinan seperti gelang, kalung dan lain-lain. Selain itu akar pohon kelapa juga bermanfaat sebagai pengobatan herbal.

Dengan mengambil akar kelapa secukupnya kemudian direbus, disaring dan diminum setiap pagi sangat bermanfaat untuk mengobati gatal-gatal, demam dan mencret.

Manfaat Pohon Kelapa

Masyarakat Indonesia sering menggunakan kayu dari pohon kelapa untuk dipakai sebagai jendela, papan rumah, kerajinan, pintu, meja, kursi dan masih banyak lagi. Selain itu pohon kelapa yang sudah tua lebih buat dibandingkan dengan ohon jati.

Manfaat Daun Kelapa

Daun kelapa dapat dibuat menjadi berbagai macam benda. Misalnya bingkai lemari, hiasan janur, keranjang sampah, sapu lidi, sarang ketupat, tatakan, dan tempat buah.

Kemudian pangkal pelepahnya dapat dimanfaatkan untuk membuat ragi dan gula. Sementara pelepah keringnya dapat dibuat kipas, sandal, tas tangan, dan topi.

Manfaat Buah Kelapa

Manfaat buah kelapa merupakan bagian yang cukup panjang untuk dibahas. Jika keseluruhan buah kelapa dapat diolah dengan benar maka buah kelapa akan sangat bermanfaat bagi manusia.

1. Manfaat Kulit Kelapa

Sabut atau kulit kelapa dapat dimanfaatkan dengan cara menaruhnya ke dalam drum kemudian di isi air, ditutup rapat dan dibiarkan sampai berubah menjadi warna hitam (dalam kurun waktu +/- 15 hari). Air rendaman sabut dapat dijadikan sebagai pupuk organik cair karena mengandung KCL (Kalium Klorida). Jika air dalam drum sudah habis, bisa ditambah lagi hingga air tidak berubah warna.

Sabut kelapa juga kerap dimanfaatkan sebagai kerajinan, jok, bantal, keset, tali dan bahan industri karpet. Selain itu, sabut kelapa juga bisa dijadikan sebagai media tanam organik berupa serbuk kelapa yang sudah digiling halus (cocopeat).

2. Manfaat Tempurung atau Batok Kelapa

Pada bagian batok atau tempurung kelapa, sering dimanfaatkan pada saat kelapa sudah tua ditandai dengan warna coklat. Pada jaman dahulu batok kelapa dapat dipergunakan untuk centong dan sekarang banyak digunakan sebagai bahan kerajinan tangan dan arang.

Batok Kelapa juga dapat dijadikan filter rokok sebagai citra rasa dan diolah dalam bentuk arang siap guna yang bermanfaat untuk penghilang bau, penyerap gas berbahaya, penghilang logam berat dan memurnikan CO2 hasil dari fermentasi.

3. Manfaat Daging Buah Kelapa
              
Tentunya kalau tentang daging buah kelapa, banyak orang memanfaatkannya untuk dimakan. Karena selain memiliki rasa yang cukup lezat, daging buah kelapa juga kaya akan serat dan mengandung anti oksidan. Selain itu juga mampu menurunkan kolestrol, memperbaiki metabolisme tubuh dan menambah energi.

4. Manfaat Air Kelapa
  
Air kelapa sangat bermanfaat bagi seorang wanita yang hamil. Karena air kelapa muda dapat menyehatkan ibu dan bayi di dalam kandungan. Selain itu saat melahirkan air ketuba juga tidak terlalu bau dan bersih.

Air kelapa muda juga bermanfaat untuk obat bekas luka bakar, menghilangkan jerawat maupun bekasnya, membersihkan kulit bayi dalam kandungan, mencegah uban, dan mencegah dehidrasi.

Itulah berbagai manfaat dari setiap bagian pohon kelapa, semoga informasi ini bermanfaat.

5. Gula Kelapa

Bagian dari bunga jantan pohon kelapa dapat dilakukan penyadapan untuk memperoleh nira kelapa yang dinginkan. Nira kelapa tersebut dapat diolah menjadi produk berupa gula kelapa dan gula semut. Gula kelapa merupakan hasil dari pengolahan nira kelapa dengan citra rasa yang khas sehingga penggunaannya tidak dapat digantikan oleh jenis gula lain. Sedangkan gula semut merupakan gula merah yang berbentuk serbuk terbuat dari nira yang dihasilkan dari penyadapan kelapa. Kelebihan gula kelapa dari gula lainnya adalah gula kelapa lebih menyehatkan karena tidak membuat diabetes.

6. Virgin Coconut Oil

Virgin Coconut Oil merupakan produk hasil dari ekstrak daging kelapa yang sudah cukup tua. Virgin coconut oil banyak dimanfaatkan untuk pangan, kesehatan, dan kecantikan. Sehingga Virgin Coconut Oil merupakan produk dengan nilai ekonomis tinggi. 

Sumber:




0 Response to "Manfaat dari Bagian-Bagian Pohon Kelapa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel