Menyadarkan Orang Pingsan



Pingsan adalah kondisi dimana seseorang tidak sadarkan diri atau kehilangan kesadaran secara mendadak, meskipun biasanya hanya berlangsung sementara. Walaupun hanya sementara, tetapi jika orang tersebut tidak dapat berganti posisi menjadi hampir horizontal, maka orang tersebut dapat mati akibat efek trauma suspensi.

Ada banyak penyebab terjadinya pingsan, penyebab terjadinya pingsan adalah sakit, kecelakaan, kurang darah, kaget, keracunan, kurang oksigen, fisik lemah, lapar dan haus, dan lain sebagainya. Secara umum gejala awalnya ditandai dengan wajah yang pucat, tubuh lemas, loyo, keringat dingin, nafas tidak teratur, sakit kepala. Untuk itu jika kita menjumpai orang yang pingsan secara tiba-tiba,segeralah menolong dengan cara-cara berikut ini.

1.Menyadarkan dengan Aroma Terapi

Untuk menyadarkan orang pingsan dengan aroma terapi,dapat dilakukan dengan cara membawa benda berbau seperti minyak wangi,minyak kayu putih, bawang putih, durian, dan lain sebagainya. Yang terpenting aromanya harus menyengat dan merangsang.

2.Topang Tubuh Mereka

Jika wajah orang yang pingsan terlihat pucat,maka hal yang harus dilakukan adalah menopang tubuhnya dan buat tubuhnya lebih tinggi dari kepala. Caranya sanggahlah dengan sesuatu, agar darahnya dapat mengalir ke kepala.

3.Longgarkan Pakaiannya

Longgarkan pakaian orang yang pingsan, apa lagi pakaian yang terlihat ketat. Lakukan hal itu supaya darahnya dapat mudah mengalir dan bernafas dengan lega.

4.Jangan Bergerombol

Sudah tidak jarang lagi,ketika ada orang pingsan sering ada banyak orang datang bergerombol. Sebaiknya hindari bergerombol, karena dengan bergerombol orang itu akan susah untuk mendapatkan udara yang segar.

5.Berikan Minuman Manis

Jika orang yang pingsan sudah siuman atau sadar, maka berikan air gula atau teh, namun jika korban mempunyai penyakit diabetes maka jangan diberi gula.


0 Response to "Menyadarkan Orang Pingsan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel