Reaksi Halogenasi

Reaksi Halogenasi

a. Pengertian


Secara umum, halogenasi merupakan reaksi kimia yang melibatkan penambahan satu atau lebih unsur halogen pada suatu senyawa. Halogenasi merupakan penambahan halogen dalam struktur asam lemak tidak jenuh yang dapat merubah ikatan rangkap menjadi ikatan tunggal. Reaksi halogenasi dapat menurunkan bilangan iod. Halogenasi umumnya diaplikasikan untuk menghasilkan turunan asam lemak terhalogenasi salah satunya sebagai antiflammability pada produk tekstil dan sebagai reaksi intermediate pada pembentukan produk atau komponen lain.

b.    Prinsip Kerja


Dalam menentukan mutu minyak dapat dilihat dari kadar asam lemaknya. Hal

ini, berkaitan dengan bilangan iod dalam minyak tersebut. angka iod ini merupakan ukuran ketidakjenuhan lemak. Asam lemak tak jenuh, baik bebas maupun terikat sebagai ester dalam lemak atau minyak mengadisi halogen (I2 tau Br2) pada ikatan rangkapnya. Karena derajat absorpsi lemak atau minyak sebanding dengan banyaknya ikatan rangkap pada asam lemaknya, maka jumlah halogen yang dapat bereaksi dengan lemak dipergunakan untuk menentukan derajat ketidakjenuhan. Untuk menentukan derajat ketidakjenuhan asam lemak yang terkandung dalam lemak, diukur dengan bilangan yodium. Bilangan yodium adalah bilangan yang menyatakan banyaknya gram yodium yang dapat bereaksi dengan 100 gram lemak. Yodium dapat bereaksi dengan ikatan rangkap dalam asam lemak. Tiap molekul yodium mengadakan reaksi adisi pada suatu ikatan rangkap. Oleh karena itu makin banyak ikatan rangkap, maka makin besar pula bilangan yodium.

Lemak dalam minyak ini ada yang mengandung gliserida asam lemak tidak jenuh. Asam lemak ini apabila ditambahkan halogen, maka halogen tersebut akan diikat oleh asam lemak untuk memutuskan ikatan tidak jenuh tersebut. Hal ini berbeda dengan asam lemak jenuh, halogen tidak akan diserap oleh asam lemak jenuh. Angka iod biasanya menunjukkan derajat ketidakjenuhan suatu minyak. Penentuan angka iod ini dapat dilakukan dengan halogenasi yaitu dengan cara melarutkan minyak dalam kloroform dan mereaksikan dengan larutan halogen dalam iodin flask. Halogen akan memutuskan sejumlah ikatan rangkap suatu asam lemak tidak jenuh (Kristianingrum dan Handayani, 2005).

c. Mekanisme Reaksi




Asam lemak tak jenuh , baik bebas maupun terikat sebagai ester dalam minyak dan lemak, mengadisi Halogen pada ikatan rangkapnya. Reaksi ini menghilangkan warna larutan halogen (Br2 dan I2). Karena derajat adsorpsi minyak atau lemak sebanding dengan banyaknya ikatan rangkap pada bagian asamnya, maka jumlah halogen yang dapat bereaksi dengan lipid dapat dipergunakan sebagai Indeks Kejenuhan.

Baca Juga : Reaksi Polimerisasi


0 Response to "Reaksi Halogenasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel